Tuesday, December 6, 2011

Semuanya Dimulai Dalam Keterbatasan (Testimoni Juara Turnamen Nasional Yu Gi Oh Australia 2011)

Nama: David Daritan

Hi semuanya, saya ada testimoni singkat silahkan dibaca kalau berkenan :), kalo tl;dr ya udah skip aja.

Saya David, udah main yugi sejak jaman... dulu banget ampe gak gitu inget kapan.. Yang pasti dari jaman chaos udah main.

Seperti salah satu post yang dipost sang admin, segalanya berawal dari keterbatasan. Saat ini saya mungkin player yang kartunya lumayan lengkap, apa aja ada, termasuk Tour Guide dan kartu2 mahal lainnya seperti Book of Moon super, tapi bukan berarti saya langsung beli kartu mahal dari pertama kali main.

Pertama kali saya punya kartu itu dari teman saya, mungkin dia gak ingat lagi, teman SD saya. Saya lupa apa alasan dia ngasih deck ke saya, tapi itu deck random harpie gitu deh, lebih ke kartu koleksi daripada deck. Tapi ya, itu kartu Yugioh pertama saya, waktu itu saya belom gitu ada niat maen yugi sih, sampe akhirnya saya lulus SD dan gak ketemu temen baik saya itu lagi :(.

Niat main yugi itu mulai muncul di SMP, di SMP saya itu banyak banget yang main yugi di kantin, yang kemudian kabur ato sembunyi semua kalo ada kepala sekolah ato guru datang ke kantin karena takut disita. Tertarik karena rame banget yang main, kemudian saya bawa kartu2 saya tadi. Tentunya karena kartunya random doang saya dibully, sampe akhirnya frustasi dan perlu beli kartu baru yang lebih kuat. Lalu saya pergi nyari kartu palsu untuk jadi deck baru, waktu itu ramenya kartu Chaos IOC, saya lalu ke tempat yang saya udah lupa dimana, disitu jual kartu palsu murah2, walau perlu usaha keras untuk mencapai tempat itu, jalannya udah panas (udah tau jakarta gimana), jauh dan terpencil di pojok banget, tapi ya... Worth the effort, saya dapat deck yang lengkap dan siap untuk main, sayapun mulai bisa menang beberapa game di sekolah.

Rasa frustasi kadang muncul, apalagi pas deck abis disita, kan namanya juga main di sekolah, deck sering banget kena sita, sampe akhirnya kami hafal dead spot dimana guru gak bakal datang kesana. Pernah bahkan frustasinya parah banget karena gak cuman deck yang disita tapi sampe kena kartu sparenya yang penting2, karena lagi minta teman fix deck, namun pas hari itu juga ada penggeledahan tas sehingga kartu saya tiada bersisa, tapi tentunya saya bisa terus main dengan deck2 yang baru.

Deck asli pertama saya SD Zombie, begitu main langsung sabtunya ikut turnamen di CnG, trus dibeliin orang tua saya beberapa booster dan dapat kartu2 menarik seperti reflect bounder yang saya masukin di deck, holo pertama saya. Tentu ikut turny dibully lah ya :v, tapi paling tidak gak sampe gak menang sama sekali di turnamen, jadi dari awal saya ikut itu gak pernah rekor 0-4 ato semacamnya, minimal ada menang satu dua kali. Beberapa bulan terus ikut turny terus2an kebully, rekornya stabil 2-2, tapi kan dengan 2-2 itu relatif jarang dapat chance masuk Top 8, jadi gak pernah dapat hadiah. Beruntunglah kalian yang sangat newbie-friendly komunitasnya, udah ada turny beginner, kalo ikut yang Free For All juga kalian yang di bawah2 dapat holo random kan? Holo randomnya Josh juga banyak yang bagus, kayak dulu masih ada Fiendish Chain segala bisa kepake di masa depan, jaman saya dulu kalo diluar 8 besar ya memang gak dapat apa apa, cuma dapat satu yang penting... pengalaman. Akhirnya ya emang mulai bisa Top beberapa turnamen, tapi gak sering.

Lalu karena berbagai hal di akhir masa SMP saya, saya berhenti main untuk sejenak karena disibukkan dengan RO dan ujian kelas 3 SMP (Ebtanas). kemudian kembali lagi saat TAEV baru keluar, waktu itu CnG baru GT yang dimenangin Vincent S, yang sudah pensiun sekarang :(, lalu saya ketemu Rangga dan chat sebentar, lalu dia bilang 'eh deck zombie ada support baru loh bagus banget zombie master, efeknya gini gini'. Lalu saya tertarik main lagi, mulai dari beli set zombie master super dari Delbert, sembari mulai bikin deck kedua Crystal Beast. Saya mulai lumayan kiprahnya di turnamen, mulai konsisten bisa 3-1 di turny tapi blom pernah juara, sampe turny yang hadiahnya Solar Recharge pas LODT baru keluar, saya bisa ngalahin orang2 yang pro pas jaman itu, Denny, Ershad, Ryan dan satu orang lagi lupa lah sapa untuk rekor 4-0 pertama saya di turny CnG. Sayapun bisa terus stabil di 3-1 sampe pas TDGS keluar hadiah E-Tele, saya bisa menang lagi, kali ini di turny yang pertama kalinya pake sistem Top 8, saya 3-1 di swiss, sementara Garlan yang 4-0 di swiss, namun bermodalkan itu, saya ngalahin Adrian, Denny dan Tommy di final untuk memenangkan turny kedua saya di CnG, yang tentunya sangat berkesan.

Setelah itu saya terus dapat mulai juara di CnG dan memulai memiliki friendly rivalry dengan Fernando Halim dan Anthonius Hanjaya, mereka itu orang yang memang... jago :), apapun yg mereka pake gak mudah untuk ngalahin mereka, skillnya beda level dari yang lain, terlebih pro pada saat itu banyak yang mulai jarang main (kayak si ershad) ato berhenti.

Event major pertama yang saya menangkan itu pas tahun 2009, Turny GT CnG, memperebutkan Best Player of the Year 2009. Sebelom event ini saya konsisten top di segala event besar (GT Bandung, GT Blastoys), dan 2 minggu sebelomnya baru ada GT di blastoys mal puri indah. Di GT blastoys saya pake Lightsworn dengan Charge of the Light Brigade baru direprint dan Honest minjem Kevin Wijaya. Saya-pun berencana maen LS lagi di GT CnG karena emang itulah best deck di format itu. Tapi kabar buruk datang dari sang pemilik Honest karena yang bersangkutan bilang dia mau side Honestnya jadi gak bisa minjemin. Pas denger itu bingung banget tuh mau gimana, soalnya memang deck utama saya itu Lightsworn pas saat itu. Alhasil daripada terus meratapi nasib ato maen deck yang gak sempurna, saya coba deh bikin deck Zombie, gak pasang target apapun di GT, karena cuma deck itu aja yang bisa lengkap saya buat. Hasilnya? Bermodalkan 3 kemenangan 2-0 di grup lawan Melvin Sundoro (kacung) yang telat jadi kalah w-o, Nicolas (atlus), dan Chandra satu lagi lupa :S, pertandingan keempat dan kelima lawan babon (William Frederick) dan Josh (botak) pun saya kalah 2-1 karena mereka pake LS, best deck :( dan tetap ke Top 8. Top 8 saya ketemu sang rival Fernando Halim, dia pake LS, undefeated di grupnya dan sedang on fire. Tapi karena faktor keberuntungan dan takdir, saya kalahin dia 2-0 dengan cepat. Top 4 ketemu rival lain saya Anthon, dan matchnya sangat sulit, namun dengan faktor good draw dan hand dia yang ada 2 honest tapi gak ada monster Light lain selain Ryko (kalo ada selain Ryko, dia buang 2 honest saya mati), saya menang 2-1, dan Final, seperti takdir ketemu Josh, game 1 kalah cepat, game 2 adalah game yang seharusnya saya kalah, karena hand dia bagus dan saya bad hand, tapi saya dengan sabar mainin yang saya bisa mainin dan ternyata tidak mustahil untuk menang, I win that game, a game that i should have lost. Game 3, hand saya oke, dan saya gak bakal bisa ngelupain first hand Bottomless Trap Hole, Mezuki, Goblin Zombie, Gorz, dan Dark Armed Dragon. Karena Josh first dia summon LSnya dan mill PSZ, begitu melihat PSZ saya langsung berpikir, It would be GREAT if I top Zombie Master now! Dan ternyata benar itu Zombie Master, saya bikin Stardust Colossal dengan Zombie Master dan Mezuki, set Bottomless, dan next turn disaat Josh summon Brionac dan prio balikin Stardust Colossal, saya Bottomless dan negate Bottomless dengan Stardust, dan Josh attack into my Gorz dengan 2300 attack token, dia udah gak ada hand buat balikin kartu saya dan next turn saya habisin field dia dengan 3 big monster saya, dan ketika dia mau recovery dengan Monster Reincarnation JD, D.D Crow seals my victory. First major event win, dengan Final yang menurut saya, bener2 epic dan luar biasa.

Tahun 2010 tahun yang lumayan untuk saya, saya senantiasa kompetitif sepanjang tahun dan sempat memimpin klasemen Best Player 2010 di CnG, tapi akhirnya agak menurun dan diovertake nando. Tetapi oke lah, yang penting tetap kompetitif, dan pada akhir tahun saya harus pergi ke Melbourne untuk melanjutkan kuliah, dan target pertama di bidang yugi saya adalah menang Nats 2011.

Yang ternyata memang tercapai, saya menang Nats Australia 2011, dan report Nats saya masih ada di forum (ato final di youtube) in case ada yang mau baca, tapi ya saya sih merasa gak ada duel yang bener2 luar biasa kayak GT CnG itu, dimana saya menang game yang harusnya udah kalah jadi kurang epic :). But at least, by winning the Nats, Sudah saya buktikan kalo orang luar itu gak lebih jago dari player Indonesia, dan di Indonesia masih ada player yang kemampuan deck building dan maennya itu kelas pro, seperti... nando, my rival :D. Jonas juga kayanya makin berkembang dan kemampuannya udah luar biasa sekarang, jadi kalo ada yang penasaran gimana orang jago maen bisa dateng ke CnG dan ketemu mereka :D (promosi CnG, lol). Tentu ada satu player lagi yang saya akui player yang luar biasa, tak lain tak bukan si Louis Marcel, orang yg paling berjasa membantu saya memenangkan nats karena dia yang suruh saya maen Agent, which in the end works wonders. Yang bersangkutan memang bukan berada di Indonesia lagi, tapi seperti diri saya merasa sebagai duelist Indonesia, saya juga menganggap dia bagian penting dari Yugioh Indonesia yang tak terpisahkan dari kita semua. Seperti quote dari Michael Wijaya, persahabatan duelist Yugioh Indonesia itu lebih kuat dari solidaritas Ojama! (random :P).

Mungkin ini sekedar teks belaka yang kalian mungkin malas baca, tapi saya sih berharap bisa jadi inspirasi bagi player baru (atau yang udah lama tapi belom merasa confident dengan skillnya), bahwa sukses memang gak seketika dan semua masih bisa berkembang untuk jadi lebih baik lagi.

Saya sendiri, sedang tidak terlalu serius di Yugioh dan menekuni Weiss Schwarz, yang baru diadakan Nationals disini dan saya dapat Top 4. Target saya tahun 2012, win YGO Nats dan Weiss Schwarz Nats, dan kalo mungkin dan sanggup, satu card game lain.

Buat om Kurniawan Jatmika yang meminta saya bikin testimoni ini, mohon maaf karena akhirnya malah jadi panjang karena nyeritain banyak tentang kisah lama, bukan tentang Nats 2011 yang diharapkan menginspirasi player lain, tapi saya merasa Nats 2011 itu duel reportnya udah lengkap di forum POJO jadi kayanya ga perlu :D

2 comments:

  1. epic, kamu salah satu inspirasi aku buat main deck zombie (- -)b

    ReplyDelete
  2. gan Cng tu singkatan apa y ? :)

    ReplyDelete